23+ Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contohnya

16:15:00
Sumber Daya Alam - Memenuhi keperluan hidupnya, manusia dan mahluk hidup lainnya pakai beraneka macam sumber daya yang ada di alam. Untuk makan misalnya, kami mengkonsumsi makanan yang dihasilkan berasal dari tumbuhan dan hewan. Untuk sanggup berkendara, kami memerlukan bensin sebagai sumber daya yang dihasilkan berasal dari proses penambangan minyak bumi.

Baik makanan maupun bensin seutuhnya adalah perumpamaan sumber daya alam yang biasa kami gunakan. Selain ke-2 perumpamaan tersebut, terkandung banyak sekali tipe sumber daya alam di kira-kira lingkungan kita.

Letak geografis yang strategis menunjukkan betapa kaya Indonesia akan sumber daya alam dengan segala flora, fauna dan potensi hidrografis dan deposit sumber alamnya yang melimpah. Sumber daya alam Indonesia berasal dari pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan, peternakan, perkebunan serta pertambangan dan energi.
Berdasarkan usia tanaman, perkebunan di Indonesia dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu tanaman semusim (tebu, tembakau, kapas, jarak, sereh wangi, nilam dan rami) dan tanaman tahunan (karet, kelapa, kopi, kelapa sawit, cengkeh, pala, kayu manis, panili, kemiri, pinang, asam jawa, siwalan, nipah, kelapa deres, aren dan sagu). Sebagian besar budidaya perkebunan berupa tanaman tahunan.
Populasi peternakan di Indonesia terdiri atas populasi ternak besar seperti, sapi perah, sapi potong, kerbau, dan kuda. Populasi ternak kecil meliputi: kambing, domba, dan babi. Sementara populasi ternak unggas terdiri dari ayam kampung, ayam ras petelur, ayam ras pedaging dan itik. Diantara hasil ternak yang saat ini memiliki prospek ekspor adalah kulit olahan (disamak).


Berdasarkan fungsinya, hutan Indonesia dibagi menjadi empat jenis, yaitu hutan lindung, hutan produksi, hutan suaka alam, dan hutan wisata. Produksi kehutanan berupa kayu hutan, baik kayu bulat, kayu gergajian maupun kayu lapis. Dari hasil hutan tersebut, yang saat ini menjadi produk andalan Indonesia untuk kegiatan ekspor adalah kayu lapis.
Fakta fisik bahwa dua per tiga wilayah Indonesia berupa laut, maka sumber daya alam di laut memiliki potensi yang sangat besar. Selain mengandung minyak, gas, mineral dan energi laut non-konvesional, serta harta karun yang sudah mulai digali meskipun masih terbatas, laut juga menghasilkan ikan yang potensi lestarinya diperkirakan sebesar 6, 4 juta ton per tahun. Saat ini yang baru dimanfaatkan sekitar 70 %. 
Pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan dikelompokkan dalam lima industri kelautan, yaitu industri perikanan, industri mineraldan energi laut, industri maritim, termasuk industri galangan kapal, industri pelayaran (transportasi laut) dan industri pariwisata (wisata bahari dan kawasan konservasi). Saat ini yang menjadi andalan ekspor perikanan Indonesia adalah udang dan Tuna.
Sebagian besar lahan perkebunan yang luas di Indonesia menghasilkan komoditas pertanian atau hasil bumi untuk diperdagangkan.Indonesia adalah salah satu dari tiga negara penghasil terbesar karet di dunia, terbesar ketiga penghasil kopi, dan salah satu penghasil utama dunia untuk kelapa, tembakau, kakao dan rempah-rempah. Wilaya Indonesia kaya akan cadangan mineral seperti timah, tembaga, emas, bauksit, dan nikel. 
Indonesia juga dikenal sebagai eksportir terbesar gas alam cair (liquefied natural gas/LNG). Penghasilan dari ekspor minyak telah mendatangkan devisa terbesar bai negara. Selain itu, upaya pengembangan sumber energi alternati f terus digalakkan. Pembangunan pusat pembangkit energi tenaga panas bumi (geotermal) dan energi tenaga air (hidroelektrik) terus diusahakan.
Selan sektor pertanian dan ekspor bahan mentah yang mendminasi kegiatan ekonomi,Indonesia pun menjadi negara industri  dalam 35 tahun, terakhir . beberapa diantara industri besar di Indonesia adalah industri pengolahan besi, minyak, kayu dan mebel, produk kimia, semen, kaca, dan produk berbahan dasar karet, mesin dan pupuk. 
Sebagian industri itu langsung dikontrol oleh pemerintah yaitu kegiatan usaha yang disebut BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Indonesia juga berusaha mengembangkan industri berteknologi tinggi, seperti barang-barang elektronik dan pesawat terbang. Industri tekstil juga dikembangkan dalam skala besar, termasuk diantaranya industri batik, yaitu kain yang diberi motif khas Indonesia, baik dengan teknik tradisional (batik tulis) maupun dengan cetak modern (batik cetak).

Pengertian dan Jenis-Jenis Sumber Daya Alam
Sebelum mengkaji mengenai tipe dan contoh-contoh sumber daya alam, terutama dahulu mari kami bahas mengenai apa yang dimaksud bersama dengan sumber daya alam itu.

Berdasarkan ilustrasi di atas, sanggup kami ambil pemikiran bahwa pengertian sumber kekuatan alam adalah segala sesuatu yang tersedia di alam dan sanggup digunakan manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Sumber kekuatan alam terhitung sanggup disimpulkan sebagai sesuatu yang bersumber berasal dari alam dan sanggup dimanfaatkan sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidup manusia supaya mutu hidup mereka lebih baik.

Sumber kekuatan alam sanggup dibedakan berdasarkan sebagian karakteristik, di antaranya berdasarkan pembawaan keterbaruan, asal, dan penggunaannya.

a. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Keterbaruannya
Berdasarkan keterbaruan atau kemampuannya untuk diperbaharui, sumber kekuatan alam sanggup dibedakan menjadi 2 jenis. Jenis type sumber kekuatan alam tersebut pada lain (1) Sumber kekuatan alam yang sanggup diperbaharui dan (2) Sumber kekuatan alam yang tidak sanggup diperbaharui.


1. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Apa yang dimaksud dengan sumber kekuatan alam yang sanggup diperbaharui? Sumber kekuatan alam yang sanggup diperbaharui adalah tiap-tiap sumber kekuatan alam yang tidak bakal habis meski digunakan secara terus-menerus, dikarenakan type sumber kekuatan alam ini sanggup diperbaharui, didaur ulang, atau dibuat kembali. Dalam makna asing, sumber kekuatan alami ini disebut renewable resources.

Ada banyak perumpamaan sumber kekuatan alam yang sanggup diperbaharui. Apakah Anda sanggup menyebutkannya? Ya, contoh-contoh sumber kekuatan alam yang sanggup diperbaharui pada lain tumbuhan, hewan, air, hasil hutan, dan lain sebagainya. Untuk memahami secara lebih berkenaan contoh-contoh sumber kekuatan alam yang sanggup diperbaharui, Anda sanggup berkunjung ke link ini.

2. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber kekuatan alam yang tidak sanggup diperbaharui adalah tiap-tiap sumber kekuatan alam yang bakal habis sehabis digunakan secara terus-menerus, dikarenakan keberadaannya terbatas dan tidak sanggup diperbaharui, didaur ulang, atau dibuat kembali. Dalam makna asing, sumber kekuatan alami ini disebut non-renewable resources.

Ada banyak perumpamaan sumber kekuatan alam yang tidak sanggup diperbaharui di sekitar lingkungan kita, seumpama bahan tambang seperti emas, perak, besi, tembaga, nikel, dan juga minyak bumi seperti bensin, solar, minyak tanah, dan gas alam. Untuk memahami secara lebih berkenaan contoh-contoh sumber kekuatan alam yang tidak sanggup diperbaharui, Anda sanggup berkunjung ke link ini.

b. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Asalnya
Berdasarkan asalnya, sumber energi alam termasuk bisa dibedakan jadi 2 jenis. Jenis jenis sumber energi alam berikut antara lain (1) Sumber energi hayati dan (2) Sumber energi alam non hayati.

1. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Hayati

Apa yang dimaksud dengan sumber energi alam hayati? Sumber energi hayati adalah tiap-tiap sumber energi alam yang berasal dari mahluk hidup. Dalam arti asing, sumber energi alam hayati disebut termasuk biotic resource. Contoh-contoh sumber energi alam hayati memadai banyak terdapat di kurang lebih kita,  seumpama susu, telur, bulu, daging yang berasal dari hewan; kayu, sayuran, buah, getah, umbi-umbian yang berasal dari hewan, serta banyak ragam mikroorganisme yang sering dimanfaatkan didalam bioteknologi. Untuk mengerti secara lebih tentang contoh-contoh sumber energi alam hayati, Anda bisa mengunjungi link ini.

2. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Non-Hayati

Sumber energi non-hayati adalah sumber energi alam yang bukan berasal dari mahluk hidup. Dalam arti asing, sumber energi alam non-hayati disebut termasuk abiotic resource. Contoh-contoh sumber energi alam non-hayati  seumpama bahan tambang, udara, cahaya matahari, batu akik, minyak bumi, dan lain sebagainya. Untuk mengerti secara lebih tentang contoh-contoh sumber energi alam hayati, Anda bisa mengunjungi link ini.

c. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Pemanfaatannya
Berdasarkan pemanfaatannya, sumber energi alam termasuk bisa dibedakan jadi 2 jenis. Jenis jenis sumber energi alam berikut antara lain (1) Sumber energi alam penghasil bahan baku dan (2) Sumber energi alam penghasil energi.

1. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku

Sumber energi alam ini adalah sumber energi alam yang digunakan sebagai bahan baku untuk membuahkan jenis barang lain yang nilai ekonomis dan fungsinya lebih baik. Contoh-contoh sumber energi alam penghasil bahan baku,  seumpama hasil perikanan, bahan tambang, hasil pertanian, dan hasil kehutanan.

2. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Penghasil Energi

Sumber energi alam penghasil energi adalah sumber energi alam yang digunakan sebagai sumber energi didalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Contoh-contoh sumber energi alam jenis ini seumpama minyak bumi, gas alam, cahaya matahari, angin, ombak, air terjun, batu bara, dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah uraian mengenai pengertian dan jenis jenis sumber daya alam beserta contohnya. Semoga dapat dipahami dengan mudah dan dapat membantu pembelajaran biologi kita semua. Salam!


Pencari Terpopuler : 

sumber daya alam
sumber daya alam yang dapat diperbaharui
sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
sumber daya alam hayati
pengertian sumber daya alam
pemanfaatan sumber daya alam
sumber daya alam indonesia
makalah sumber daya alam


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔