Cara Agar Komputer Tidak Lemot

07:00:00
Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi saran mengenai Cara Agar PC Kita Tidak Lemot, karena sering sekali gejala lemot ini cukup membuat kita jengkel, dan banyak sekali juga penyebab mengapa PC/Laptop kita mengelami masalah ini. Bisa karena faktor hardware yang memang sudah tua, atau memang faktor daripada software bajakan yang kita install di PC/Laptop kita yang membuat ulah. Tapi pada artikel kali ini saya tidak membahas tetang hardware, melainkan saya akan membahas dari faktor software
Untitled-1

Berikut adalah beberapa diantara banyaknya cara untuk meringankan kinerja PC/Laptop kita :
1. Jangan memasang program secara berlebihanapp
Dalam hal apapun kalau sesuatu tersebut berlebihan pasti akan berakibat tidak baik. Begitu juga dengan Operating System yang berjalan di PC/Laptop kita, yang terlalu banyak terinstall Software yang beragam dan kadang juga kita tidak kita mengerti apa fungsi software yang baru kita install, atau mugkin software tersebut terinstall secara tidak sengaja. Maka dari itu setidaknya sesekali kita mengecek program apa saja yang telah kita install di PC/Laptop kita, Apakah itu bermanfaat?, Apakah itu fungsinya tidak numpuk?, Ataupun ada hal-hal lain yang secara teknis merugikan. Jikalau ada software yang merugikan, maka lebih baik kita Uninstall.
2. Jangan memasang Antivirus secara permanen
Untitled-2.png
Pemasangan antivirus secara permanen, itu akan menyebabkan harddisk kita akan selalu berputar  disaat komputer kita menyala, karena Antivirus kita ini akan selalu mendeteksi dengan cara scan virus dengan terus menerus menelusuri disetiap file-file dan system kita, dan disaat antivirus terus men-scan harddisk, pada saat itupula kita menggunakan komputer untuk beberapa kepentingan kita. Ketika kita menggunakan satu program saja, harddisk kita secara otomatis akan berputar untuk membaca dan menulis, Antivirus juga mengiringi kegiatan harddisk tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa kinerja harddisk akan sebakin banyak pada suatu PC/Laptop yang disitu menggunakan antivirus yang selalu scan otomatis. Tapi…tips ini tidak berlaku untuk suatu system komputer yang mempunyai data-data rahasia, seperti PC yang berada pada suatu perusahaan besar, maka Antivirus sangat dibutuhkan untuk melindungi data yanga ada.
3. Jangan menggunakan visual style yang mewah
Untitled-3.png
Dalam hal ini mungkin banyak orang sudah mengetahuinya, entah itu di sebuah Smartphone maupun PC, ketika system mempunyai tampilan yang sangat mewah, bahkan berlebihan, maka yang terjadi adalah speed kinerja akan menurun. Lebih baik kita gunakan tampilan yang starndar saja. Maka seperti yang ada pada petunjuk nomor satu diatas tadi bahwasanya ketika kita menggunakan sesuatu secara berlebihan, maka disitu akan merugikan kita.
4. Partisi system minimal 40 Giga
Untitled-4.png
Partisi System juga sangat menentukan kinerja PC/Laptop kita, karena samakin banyak kapasitas partisi system maka akan memberikan kelonggaran penyimpanan, yang disitu akan berakibat kinerja komputer kita menjadi semakin baik, dan begitupula sebaliknya.
5. Jangan memecah partisi terlalu banyak
Untitled-7.png
Dengan membagi partisi menjadi lebih banyak, maka yang terjadi adalah, lagi-lagi harddisk akan merasa lebih terbebani. Berbeda dengan harddisk yang dipecah menjadi 2 Partisi, harddisk yang terpecah menjadi 2 partisi akan lebih cepat kinerjanya dibandingkan dengan harddisk yang terpecah menjadi 4 s/d 5 partisi.

6. Pasangalah driver dengan lengkap dan cocok
Untitled-8.png
Ketika driver PC/Laptop belum terpasang dengan benar maka ini juga bisa menjadikan sebab, mengapa kok PC/Laptop kita menjadi lemot.
Sedikit yang saya ketahui bahwa untuk memaksimalkan kinerja hardware pendukung jalannya aktivitas system, seperti audio, VGA, Network, dan lain lain. Maka salah satu solusinya adalh menginstall driver yang sesuai dengan hardware tersebut, karena jika tidak terpasang driver secara benar, maka hardware akan berjalan tidak maksimal, dan bahkan tidak bekerja sama sekali. Misalnya, kita mau membuka game di PC/Laptop yang belum terinstall VGA card, ketika kita menggunakan game tersebut maka yang terjadi adalah game akan berjalan sangat lemot, dan bahkan akan error dan tidak bisa berjalan di system kita.
Maka dapat  kita simpulkan bahwa mengistall driver sangat diperlukan, guna untuk mengoptimalkan kinerja hardware PC/Laptop kita.

  1. Sesuaikan Spesifikasi komputer dengan OS
 amd.png_original_logo__v_5_intel_inside_core_i7_vpro_by_18cjoj-d72ea31.png
Mungkin sudah banyak pengguna PC/Laptop yang sudah mengetahui hal ini, bahwa penggunaan OS harus sesuai dengan spesifikasi Hardware yang kita miliki, Misalnya ketika kita ingin memasang Windows 7, kalau ingin berjalan lancar saat pemakaian minimal kita harus mempunyai RAM 1Gb, Namun jika kita pasang spesifikasi hardware tingkat tinggi, maka itu akan sangat membantu dalam hal kecepatan kinerja PC/Laptop kita.

Dikarenakan kinerja Komputer sangat berpengaruh pada  pekerjaan kita yang berhubungan dengan komputer pastinya, maka alangkah lebih baiknya jika kita merawat Komputer kita dengan baik.
Mungkin itu saja sedikit Ilmu yang bisa saya berikaan keapada para sahabat, Semoga bisa bermanfaat untuk kita.. Terima Kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔